KODE MODUL
OPKR-30-002B
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG KEAHLIAN TEKNIK MESIN
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
SMK PEMDA RANTAUPRAPAT
PERBAIKAN KOPLING DAN
KOMPONEN-KOMPONENNYA
BAGIAN PROYEK PENGEMBANGAN KURIKULUM
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2004
KATA PENGANTAR
Modul OPKR-30-002B tentang Perbaikan Kopling dan
Komponen-komponennya ini digunakan sebagai panduan kegiatan
belajar untuk membentuk salah satu kompetensi, yaitu : melepas,
mengganti, memperbaiki dan menyetel unit kopling dan sistem
pengoperasiannya. Modul ini digunakan untuk siswa peserta diklat pada
SMK Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif.
Modul ini memberikan latihan untuk mempelajari jenis-jenis,
konstruksi, prinsip kerja, pemeriksaan, pelepasan/ penggantian, perbaikan
dan penyetelan unit kopling dan sistem pengoperasiannya. Modul ini
terbagi menjadi dua kegiatan belajar. Kegiatan belajar ke-1 membahas
tentang jenis-jenis, konstruksi, prinsip kerja, pemeriksaan, pelepasan/
penggantian, perbaikan dan penyetelan unit kopling. Kegiatan belajar ke-
1 membahas tentang jenis-jenis, konstruksi, prinsip kerja, pemeriksaan,
pelepasan/ penggantian, perbaikan dan penyetelan sistem pengoperasian
kopling.
Penyusun menyadari banyak kekurangan dalam penyusunan modul
ini, sehingga saran dan masukan yang konstruktif sangat penyusun
harapkan. Semoga modul ini banyak memberikan manfaat.
Rantauprapt,
Januari, 2012
Penyusun,
iii
DAFTAR ISI MODUL
Halaman
|
|
|
HALAMAN FRANCIS …………………………………………………………………………ii……
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………………
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………………iv
PETA KEDUDUKAN MODUL …………………………………………………………………
PERISTILAHAN/GLOSSARY………………………………………………………………
I. PENDAHULUAN ………………………………………………………………………………1
A. DESKRIPSI ……………………………………………………………………….. 1
B. PRASYARAT ………………………………………………………………………………1……
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL ………………………………………………1……
1. Petunjuk Bagi Peserta Diklat …………………………………………………1………
2. Petunjuk Bagi Guru ………………………………………………………………2……………
D. TUJUAN AKHIR …………………………………………………………………………3……
E. KOMPETENSI ……………………………………………………………………………4……
F. CEK KEMAMPUAN …………………………………………………………………………6
II. PEMELAJARAN ……………………………………………………………………………7…
A. RENCANA BELAJAR PESERTA DIKLAT .………………………………… 7
B. KEGIATAN BELAJAR ………………………………………………………………………7
1. Kegiatan Belajar 1 : Jenis-jenis dan Prinsip Kerja Kopling ………………………7
a. Tujuan kegiatan belajar 1 ………………………………………… 7
b. Uraian materi 1 ………………………………………………………………7……
c. Rangkuman 1 ………………………………………………………………………34
d. Tugas 1 ………………………………………………………………………………34
e. Tes formatif 1 ……………………………………………………………………34
f. Kunci jawaban formatif 1 ……………………………………………………36
g. Lembar kerja 1 …………………………………………………………………41
2. Kegiatan Belajar 2 : Jenis-jenis dan Prinsip Kerja Sistem
Pengoperasian Kopling ....................................................43
a. Tujuan kegiatan belajar 2 ………………………………………… 43
iv
b. Uraian materi 2 ……………………………………………………………………43
c. Rangkuman 2 ………………………………………………………………………66
d. Tugas 2 ………………………………………………………………………………67
e. Tes formatif 2 ……………………………………………………………………67
f. Kunci jawaban formatif 2 ……………………………………………………68
g. Lembar kerja 2 …………………………………………………………………71
|
A. PERTANYAAN …………………………………………………………………………73
B. KUNCI JAWABAN ……………………………………………………………………74
C. KRITERIA KELULUSAN ………………………………………………………………6
IV.PENUTUP …………………………………………………………………………………………87
|
v
Tidak ada komentar:
Posting Komentar