CSS



Daftar Blog Saya

Search This Blog

Selasa, 31 Januari 2012

Honda Luncurkan Mesin Ketiga di Abad 21



Tim Repsol Honda akhirnya meluncurkan senjata terbaru mereka untuk musim kompetisi 2012 di MotoGP pada Senin (30/1) di Sirkuit Sepang, Malaysia. Proses peluncuran yang dilakukan di Hotel Pan Pacific, tersebut menghadirkan dua pembalap Repsol Honda, Vice President HRC (Honda Racing Corporation) dan motor Honda RC213V yang akan digunakan Casey Stoner dan Dani Pedrosa tahun ini.

Dalam acara tersebut, hal yang paling menarik perhatian para jurnalis adalah perubahan yang tampak pada Honda RC213V. Meski perubahan kasat mata sangat minor, namun perubahan regulasi musim 2012 jadi alasan untuk mengorek lebih dalam perubahan yang ada. Sayangnya Nakamoto hanya menjelaskan filosofi teknis motor RC213V dan target tim Repsol Honda.


Bagian yang dilingkari warna hijau, adalah ventilasi kecil yang tidak terdapat pada RC212V

“Ini adalah motor Honda RC213V dengan ejaan 21-3, bukan 2-1-3. Sebab angka 21 itu mencerminkan abad 21, sementara angka 3 adalah jenis mesin ketiga selama keikutsertaan kami di kelas MotoGP dibuka. Jelas ada perbedaan yang sangat besar antara mesin dan rangka yang kami aplikasikan di motor tersebut. Kali ini kami menggunakan ukuran bore 81 mm, tapi saya tidak tahu ukuran stroke-nya seperti apa,” ungkap Nakamoto.

Agak membingungkan juga, sebab Nakamoto menjelaskan bahwa basis pengembangan mesin RC213V diambil dari RC212V. Beberapa perbedaan yang terlihat kasat mata adalah pada beberapa bagian, seperti ventilasi di fairing yang bersentuhan dengan lutut pembalap. Sementara informasi perubahan yang lainnya, masih sangat dirahasiakan.

Hmm, apakah kedigdayaannya masih sama dengan generasi kedua? Kita tunggu hasil tesnya di Sepang, Malaysia yang mulai digelar hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar